terlebih dahulu bacalah

Al Aziz

“Dan apakah orang-orang yang kafir tidak mengetahui bahwasanya langit dan bumi itu keduanya dahulu adalah suatu yang padu, kemudian Kami pisahkan antara keduanya. Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tiada juga beriman?” [Al Anbiyaa:30]

“Dan langit itu Kami bangun dengan kekuasaan (Kami) dan sesungguhnya Kami benar-benar meluaskannya.” (Al Qur’an, 51:47)



Kamis, 22 April 2010

Gelombang Ultrasonik

Gelombang ultrasonik adalah gelombang yang memiliki frekuensi berkisar antarqa 1 hingga 10 Mhz. Manfaat gelombang ultrasonik antara lain:
  1. Mengukur kedalaman laut

    Mengukur dalamnya laut dilakukan dengan suatu alat fathometer. Alat ini menghasilkan bunyi ultrasonik berupa pulsa-pulsa. Pulsa-pulsa ini akan dipantulkan oleh dasar laut dan akan diterima kembali. Dengan mengukur interval waktu antara dikirimnya pulsa sampai diterimanya kembali, maka kedalaman laut dapat diukur, sehingga kedalaman laut adalah ½ s

  2. Memeriksa bagian dalam tubuh

    Pemeriksaan dapat dilakukan dengan mengirim pulsa-pulsa ultrasonik ke bagian tubuh yang hendak dianalisis. Pulsa-pulsa ini akan dipantulkan oleh organ-organ tubuh bagian dalam. Masing-masing organ mempunyai struktur, kerapatan, dan kelentingan yang berbeda. Dengan mengukur waktu relatif dari gelombang-gelombang pantul ini, maka didapat kedalaman-kedalaman organ. Berdasarkan data kedalaman dan arag gelombang pantul, komputer akan membentuk bayangan bagian dalam tubuh.

  3. Kaca mata orang buta

    Dengan menggunakan alat yang bisa mentranmisikan dan menerima gelombang ultrasonik. Pulsa ultrasonik dikirim dan kemudian benda akan memantulkan pulsa tersebut dan ditangkap kembali oleh alat tersebut. Pulsa pantul ini diubah menjadi bunyi yang memberitahkan kepada orang tersebut berapa jauh suatu benda dengan dirinya.

  4. Memeriksa kerusakan logam

    Dengan menggunakan sistem pantulan ultrasonik yang dapat mengetahui kedalaman benda yang dideteksi, maka dapat diperiksa keretakan-keretakan pada titik sambungan las logam. Teknik ultrasound juga sering dimanfaatkan untuk menganalisa bagian-bagian pesawat yang mengalami kerusakan atau karat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar